RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi Konsep Diri Seorang Muslim
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit (1x pertemuan)
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami hakikat penciptaan manusia
·
Siswa
memahami kedudukan manusia di dunia
·
Siswa
memahami tujuan penciptaan manusia
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Konsep
diri seorang muslim
D. Metode
·
Ceramah,
Tanya jawab, penugasan
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Apersepsi
tentang materi yang akan di ajarkan
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang konsep diri seorang muslim
-
Siswa
memahami tentang konsep diri seorang muslim
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
-
Guru
memberi penugasan individual (PR)
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
: ~ tes tulisan
1.
Jelaskan
hakikat penciptaan manusia
2.
Apa
yang anda pahami mengenai kedudukan manusia di dunia
3.
Jelaskan
tujuan penciptaan manusia
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Sifat-sifat manusia
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami awal penciptaan manusia
·
Siswa
memahami karakter-karakter manusia
·
Siswa
memahami bagaimana cara mengelola sifat-sifat diri manusia
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Sifat-sifat
manusia
D. Metode
·
Game,
ceramah dan diskusi
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Apersepsi
tentang materi yang akan di ajarkan
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang sifat-sifat manusia
-
Siswa
mengetahui sifat-sifat manusia
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
-
Guru
memberi penugasan individual (PR)
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan
II
1. Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan tentang tugas manusia di dunia
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai sifat-sifat manusia
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah disampaikan.
Evaluasi
: ~ tes tulisan
1.
Berikan
penjelasan awal diciptanya manusia
2.
Sebutkan
karakter-karakter manusia
3.
Sebutkan
sifat-sifat manusia
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Dienul Islam
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami makna dienul islam
·
Siswa
mengetahui nama-nama lain dari dienul islam
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Dienul
islam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Dienul islam
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang Dienul islam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan
II
4. Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan tentang tugas manusia di dunia
5. Kegiatan
Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai Dienul islam
6. Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
pengertian Dienul islam
2.
Sebutkan
nama-nama Dienul islam dalam Alquran
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Pilar-Pilar Islam
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami pilar-pilar dienul Islam
·
Siswa
memahami tentang keimanan, budi pekerti yang luhur dan kepribadian umat.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Pilar-Pilar
Islam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Pilar-Pilar Dieunul Islam
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai pilar-pilar dienul Islam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan
II
1. Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan tentang pilar-pilar dienul Islam
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai Pilar-Pilar Dienul Islam
3. Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
pilar-pilar dienul Islam
2.
Berikan
contoh bagaimana Islam mengatur kehidupan manusia
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Karakteristik Islam
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami karakteristik-karakteristik Islam
·
Siswa
memahami perbedaan dienul Islam dengan system hidup yang lain
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Karakteristik
Islam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Karakteristik Islam
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang karakteristik Islam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Jelaskan
apa yang anda pahami tentang karakteristik Islam
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas / Semester : VII
/ I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Urgensi Syahadatain
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami urgensi syahadatain dalam kehidupannya
·
Peserta
termotivasi untuk memelihara dan melaksanakan kandungan syahadatai dalam
kehidupannya.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Urgensi
Syahadatain
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Urgensi Syahadatain
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai urgensi syahadatain
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan
II
1. Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan tentang urgensi syahadatain
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai Urgensi Syahadatain
3. Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Makna Dua Kalimat Syahadat
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami tentang pernyataan janji dan sumpah
·
Siswa
memahami makna syahadatain
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Makna
Dua Kalimat Syahadat
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai makna dua kalimat syahadat
-
Siswa
memahami tentang dua kalimat syahadat
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai makna dua kalimat syahadat
-
Siswa
difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Berikan
penjelasan tentang pernyataan, perjanjian dan sumpah
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Makna Kata “Ilah”
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami makna kata “Ilah”
·
Siswa
dapat memahami Allah sebagai satu-satunya “Ilah”
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Makna
Kata “Ilah”
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai makna kata “Ilah”
-
Siswa
memahami tentang makna kata “Ilah”
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai makna kata “Ilah”
-
Siswa
difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Coba
sebutkan pengertian dari kata “Ilah”
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Mengenal Allah
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami betapa pentingnya mengenal Allah
·
Siswa
memahami bukti-bukti adanya Allah
·
Siswa
dapat mengetahui jalan mengenal Allah
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Mengenal
Allah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai materi mengenal Allah
-
Siswa
memahami tentang bagaimana cara mengenal Allah
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai mengenal Allah
-
Siswa
difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
bukti-bukti keberadaan Allah
2.
Bagaimana
cara atau jalan mengenal Allah
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Allah Selalu Bersama Kita
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami makna kebersamaan dengan Allah
·
Siswa
dapat memahami pengaruh Ma’iyatullah
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Allah
Selalu Bersama Kita
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Allah Selalu Bersama Kita
-
Siswa
memahami tentang materi Allah selalu bersama kita
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan dari guru mengenai Allah selalu bersama kita
-
Siswa
difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Apa
Pengertian Ma’iyatullah dan sebutkan pembagiannya
2.
Sebutkan
pengaruh Ma’iyatullah
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Cinta Kepada Allah
Alokasi
Waktu : 2 x 40
Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami cinta kepada Allah
·
Siswa
dapat memahami perbedaan cinta karena iman dan cinta karena syahwat.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Cinta
Kepada Allah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
4. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai cinta kepada Allah
5. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang Cinta Kepada Allah
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
6. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
4.
Sebutkan
pengertian cinta kepada Allah (Mahabbatullah) ?
5.
Sebutkan
perbedaan cinta karena iman dan cinta karena syahwat ?
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran
: Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Alquran Pedoman Hidup Manusssia
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami fungsi dan kedudukan Al-quran
·
Siswa
dapat memahami keutamaan mempelajari Al-quran
·
Siswa
dapat memahami kelebihan-kelebihan Al-quran
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Al-quran
Pedoman Hidup Manusia
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
7. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Al-quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia
8. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang Al-quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
9. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Jelaskan
Fungsi dan Kedudukan Al-quran
2.
Sebutkan
keutamaan mempelajari Al-quran
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / I
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Integritas Islam
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami makna integritas Islam
·
Siswa
dapat memahami hikmah dan manfaat rukun islam
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Integritas
Islam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai integritas Islam
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang Integritas Islam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3. Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan
II
1. Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan tentang Integritas Islam
2. Kegiatan
Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai materi Integritas Islam
3. Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Jelaskan
Makna Integritas Islam ?
2.
Jelaskan
Hikmah Setiap Ibadan yang dilakukan dalam rukun Islam.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Mahasiswa PPL
(LISNAWATI)
Npm; 110804907
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Iman Kepada Allah
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami sifat-sifat Allah
·
Siswa
dapat memahami dampak hadirnya Allah dalam kehidupan sehari-hari.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Iman
Kepada Allah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Iman Kepada Allah
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang Iman Kepada Allah
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Coba
sebutkan sifat-sifat Allah dan apa dampak hadirnya Allah dalam kehidupan.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Iman Kepada Rasul
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami tentang Iman Kepada Rasul-Rasul Allah
·
Siswa
dapat memahami urgensi keutamaan Rasul
·
Siswa
memahami prinsip-prinsip keutamaan Rasul
·
Siswa
memahami bukti-bukti kenabian Nabi Muhammad Saw
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Iman
Kepada Rasul
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Iman Kepada Rasul
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang Iman Kepada Rasul
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Coba
sebutkan prinsip-prinsip keimanan kepada Rasul dan sebutkan bukti-bukti
keNabian Nabi Muhammad Saw
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Rasul Sebagai Teladan Manusia
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami sifat-sifat Rasul yang utama
·
Siswa
dapat memahami peran dan tugas utama Rasul
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Rasul
Sebagai Teladan Manusia
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Rasul Sebagai Teladan Manusia
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Rasul Sebagai Teladan Manusia
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
sifat-sifat utama Rasul ?
2.
Coba
jelaskan apa peran dan tugas utama Rasul ?
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Nabi Muhammad Saw
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami sejarah kehidupan Rasul
·
Siswa
memahami kekhususan Nabi Muhammad dibandingkan Rasul yang lain
·
Siswa
memahami hal-hal yang harus ditiru dari Rasulullah Saw
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Nabi
Muhammad Saw
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Nabi Muhammad Saw
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
beberapa hal yang harus ditiru oleh Rasulullah
2.
Berikan
penjelasan tentang ketauladanan Rasul
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Sepuluh Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat mengetahui nama-nama Rasul yang dijamin masuk surge
·
Siswa
mengetahui kisah perjalanan hidup sahabat Rasul yang dijamin masuk surga
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Sepuluh
sahabat Rasul yang dijamin masuk surga
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk surga
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk
surga
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan II
1.
Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin
masuk surge,
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk
surga
3.
Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
nama-nama Rasul yang dijamin masuk surga
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Cintra Diri Wanita Muslimah
Alokasi
Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami karakteristik wanita muslima
·
Siswa
dapat memahami bagaimana pandangan Islam tentang kaum wanita
·
Siswa
dapat mengetahui beberapa karakteristik wanita Qur’ani.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Citra
Diri Wanita Muslimah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Citra Diri Wanita Muslimah
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Citra diri wanita Muslimah
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan II
1.
Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan materi tentang citra diri seorang wanita
muslimah
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai Citra Diri Seorang Wanita Muslimah
3.
Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
karakteristik wanita muslimah ?
2.
Jelaskan
apa pandangan Islam tentang kaum wanita ?
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Ukhwah Islamiah
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami makna dan rukun ukhwah Islamiah
·
Siswa
memahami cara memelihara ukhwah Islamiyah dalam kehidupannya
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Ukhwah
Islamiah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Ukhwah Islamiyah
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Ukhwah Islamiyah
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan II
1.
Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan Rasul Sebagai Teladan Manusia
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai Ukhwah Islamiah
3.
Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Berikan
penjelasan mengenai makna ukhwah Islamiyah
2.
Coba
anda jelaskan bagaimanan cara memelihara ukhwah Islamiyah dalam kehidupan
sehari-hari.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Indahnya Akhlakul Karimah
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami pengertian Akhlak
·
Siswa
dapat memahami landasan akhlak seorang muslim
·
Siswa
dapat memahami akhlak dalam Islam seperti tawadu’, berani jujur, sabar dan
qana’ah.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Indahnya
Akhlakul Karimah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Indahnya Akhlakul Karimah
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Indahnya Akhlakul Karimah
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Jelaskan
Landasan Akhlak Seorang Muslim.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Berbakti Kepada Orang Tua
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami kewajiban menghormati orang tua
·
Siswa
dapat memahami bagaimana akhlak terhadap orang tua
·
Siswa
dapat keutamaan berbakti terhadap orang tua
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Berbakti
kepada orang tua
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Berbakti Kepada Orang Tua
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Berbakti Kepada Orang Tua
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Pertemuan II
1.
Pendahuluan
-
Guru
sebagai fasilitator menjelaskan tentang Berbakti Kepada Orang Tua
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-
Siswa
menelaah lebih dalam lagi mengenai Berbakti Kepada Orang Tua
3.
Penutup
-
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
Evaluasi
:
1.
Coba
jelaskan akhlak terhadap orang tua dan sebutkan keutamaan berbakti kepada
terhadap orang tua ?
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas / Semester : VII
/ II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Syukur Nikmat
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami makna syukur nikmat nikmat
·
Siswa
dapat memahami landasan dan cara bersyukur
·
Siswa
dapat memahami kedudukan syukur nikmat.
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Indahnya
Akhlakul Karimah
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Syukur Nikmat
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Syukur Nikmat
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
pengertian syukur menurut bahasa dan menurut istilah.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Keutamaan Shalat Malam
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami keutamaan shalat malam
·
Siswa
dapat memahami adab-adab dalam shalat malam
·
Siswa
dapat memahami bagaimana kedudukan shalat malam
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Keutamaan
Shalat Malam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat malam
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai keutamaan shalat malam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Sebutkan
keutamaan shalat malam.
2.
Sebutkan
adab dalam shalat malam
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Menyebarkan Salam
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
dapat memahami makna ucapa salam
·
Siswa
dapat memahami hikmah mengucapkan salam
·
Siswa
dapat memahami hokum dan menjawab salam
·
Siswa
dapat memahami adab dalam salam
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Menyebarkan
salam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai hikmah mengucapkan salam
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai menyebarkan salam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Coba
tuliskan kalimat “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dalam bahasa
arab, dan tuliskan artinya.
2.
Coba
jelaskan apa hikmah mengucapkan salam
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 9 Langsa
Mata
Pelajaran : Mulok B
Kelas /
Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi
Dasar : Ilmu Dalam Perspektif Islam
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan
Pendidikan
·
Siswa
memahami bagaimana kedudukan ilmu dalam perspektif Islam
·
Siswa
memahami keutamaan ilmu dan orang-orang berilmu
·
Siswa
memahami keutamaan menuntut ilmu
·
Siswa
memahami ada dalam menuntut ilmu
B. Karakter
siswa yang diharapkan
·
Dapat
dipercaya (Trustworthines)
·
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
·
Tekun
(diligence)
·
Tanggung
jawab (responsibility)
C. Materi
Pembelajaran
·
Ilmu
dalam perspektif Islam
D. Metode
·
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
E. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-
Guru
memotivasi siswa mengenai Ilmu Dalam Perspektif Islam
2.
Kegiatan Inti
-
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai Ilmu dalam Perspektif Islam
-
Siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru
3.
Penutup
-
Siswa
dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
F. Alat/Sumber
Belajar
·
KSI,
Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G. Penilaian
Tehnik : Lisan
Bentuk : Pertanyaan
Evaluasi
:
1.
Coba
sebutkan bagaimana Ilmu dalam perspektif Islam.
2.
Coba
sebutkan bagaimana ada dalam menuntut ilmu
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9
Langsa
(SYAIFUDDIN,
S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
|
Guru Bidang Studi
(
NURHAYATI )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar