Kamis, 19 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MULOK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Konsep Diri Seorang Muslim
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit (1x pertemuan)


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami hakikat penciptaan manusia
·         Siswa memahami kedudukan manusia di dunia
·         Siswa memahami tujuan penciptaan manusia

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Konsep diri seorang muslim

D.     Metode
·         Ceramah, Tanya jawab, penugasan

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Apersepsi tentang materi yang akan di ajarkan

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru tentang konsep diri seorang muslim
-          Siswa memahami tentang konsep diri seorang muslim
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.
-          Guru memberi penugasan individual (PR)

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi : ~ tes tulisan
1.      Jelaskan hakikat penciptaan manusia
2.      Apa yang anda pahami mengenai kedudukan manusia di dunia
3.      Jelaskan tujuan penciptaan manusia





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Sifat-sifat manusia
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami awal  penciptaan manusia
·         Siswa memahami karakter-karakter manusia
·         Siswa memahami bagaimana cara mengelola sifat-sifat diri manusia

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Sifat-sifat manusia

D.     Metode
·         Game, ceramah dan diskusi

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Apersepsi tentang materi yang akan di ajarkan

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang sifat-sifat manusia
-          Siswa mengetahui sifat-sifat manusia
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.
-          Guru memberi penugasan individual (PR)

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         :         Lisan
Bentuk         :         Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan tentang tugas manusia di dunia

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai sifat-sifat manusia

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah disampaikan.

Evaluasi : ~ tes tulisan
1.      Berikan penjelasan awal diciptanya manusia
2.      Sebutkan karakter-karakter manusia
3.      Sebutkan sifat-sifat manusia





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Dienul Islam
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami makna dienul islam
·         Siswa mengetahui nama-nama lain dari dienul islam

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Dienul islam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Dienul islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang Dienul islam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
4.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan tentang tugas manusia di dunia

5.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai Dienul islam

6.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Sebutkan pengertian Dienul islam
2.      Sebutkan nama-nama Dienul islam dalam Alquran





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Pilar-Pilar Islam
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami pilar-pilar dienul Islam
·         Siswa memahami tentang keimanan, budi pekerti yang luhur dan kepribadian umat.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Pilar-Pilar Islam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Pilar-Pilar Dieunul Islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai pilar-pilar dienul Islam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan tentang pilar-pilar dienul Islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai Pilar-Pilar Dienul Islam

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Sebutkan pilar-pilar dienul Islam
2.      Berikan contoh bagaimana Islam mengatur kehidupan manusia





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )


Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Karakteristik Islam
Alokasi Waktu            :  2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami karakteristik-karakteristik Islam
·         Siswa memahami perbedaan dienul Islam dengan system hidup yang lain

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Karakteristik Islam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Karakteristik Islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang karakteristik Islam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Jelaskan apa yang anda pahami tentang karakteristik Islam





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Urgensi Syahadatain
Alokasi Waktu            : 4  x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami urgensi syahadatain dalam kehidupannya
·         Peserta termotivasi untuk memelihara dan melaksanakan kandungan syahadatai dalam kehidupannya.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Urgensi Syahadatain

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Urgensi Syahadatain

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai urgensi syahadatain
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim
G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan tentang urgensi syahadatain

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai Urgensi Syahadatain

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Makna Dua Kalimat Syahadat
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami tentang pernyataan janji dan sumpah
·         Siswa memahami makna syahadatain

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Makna Dua Kalimat Syahadat

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai makna dua kalimat syahadat
-          Siswa memahami tentang dua kalimat syahadat

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai makna dua kalimat syahadat
-          Siswa difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Berikan penjelasan tentang pernyataan, perjanjian dan sumpah





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Makna Kata “Ilah”
Alokasi Waktu            :  2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami makna kata “Ilah”
·         Siswa dapat memahami Allah sebagai satu-satunya “Ilah”

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Makna Kata “Ilah”

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai makna kata “Ilah”
-          Siswa memahami tentang makna kata “Ilah”

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai makna kata “Ilah”
-          Siswa difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Coba sebutkan pengertian dari kata “Ilah”





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Mengenal Allah
Alokasi Waktu            :  2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami betapa pentingnya mengenal Allah
·         Siswa memahami bukti-bukti adanya Allah
·         Siswa dapat mengetahui jalan mengenal Allah

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Mengenal Allah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai materi mengenal Allah
-          Siswa memahami tentang bagaimana cara mengenal Allah

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai mengenal Allah
-          Siswa difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Sebutkan bukti-bukti keberadaan Allah
2.      Bagaimana cara atau jalan mengenal Allah





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Allah Selalu Bersama Kita
Alokasi Waktu            : 2  x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami makna kebersamaan dengan Allah
·         Siswa dapat memahami pengaruh Ma’iyatullah

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Allah Selalu Bersama Kita

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Allah Selalu Bersama Kita
-          Siswa memahami tentang materi Allah selalu bersama kita

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai Allah selalu bersama kita
-          Siswa difasilitasi oleh guru untuk saling tukar menukar informasi
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat rangkuman tentang materi yang  dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslim

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Apa Pengertian Ma’iyatullah dan sebutkan pembagiannya
2.      Sebutkan pengaruh Ma’iyatullah




Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Cinta Kepada Allah
Alokasi Waktu            :  2  x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami cinta kepada Allah
·         Siswa dapat memahami perbedaan cinta karena iman dan cinta karena syahwat.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Cinta Kepada Allah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
4.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai cinta kepada Allah

5.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru tentang Cinta Kepada Allah
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

6.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
4.      Sebutkan pengertian cinta kepada Allah (Mahabbatullah) ?
5.      Sebutkan perbedaan cinta karena iman dan cinta karena syahwat ?





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )


Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Alquran Pedoman Hidup Manusssia
Alokasi Waktu            : 2  x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami fungsi dan kedudukan Al-quran
·         Siswa dapat memahami keutamaan mempelajari Al-quran
·         Siswa dapat memahami kelebihan-kelebihan Al-quran

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Al-quran Pedoman Hidup Manusia

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
7.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Al-quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia

8.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru tentang Al-quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

9.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Jelaskan Fungsi dan Kedudukan Al-quran
2.      Sebutkan keutamaan mempelajari Al-quran





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )


Mahasiswa PPL



(LISNAWATI)
Npm; 110804907


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / I
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Integritas Islam
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami makna integritas Islam
·         Siswa dapat memahami hikmah dan manfaat rukun islam

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Integritas Islam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai integritas Islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru tentang Integritas Islam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan tentang Integritas Islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai materi Integritas Islam

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Jelaskan Makna Integritas Islam ?
2.      Jelaskan Hikmah Setiap Ibadan yang dilakukan dalam rukun Islam.





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )


Mahasiswa PPL




(LISNAWATI)
Npm; 110804907

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Iman Kepada Allah  
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami sifat-sifat Allah
·         Siswa dapat memahami dampak hadirnya Allah dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Iman Kepada Allah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Iman Kepada Allah

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru tentang Iman Kepada Allah
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Coba sebutkan sifat-sifat Allah dan apa dampak hadirnya Allah dalam kehidupan.





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Iman Kepada Rasul
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami tentang Iman Kepada Rasul-Rasul Allah
·         Siswa dapat memahami urgensi keutamaan Rasul
·         Siswa memahami prinsip-prinsip keutamaan Rasul
·         Siswa memahami bukti-bukti kenabian Nabi Muhammad Saw

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Iman Kepada Rasul

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Iman Kepada Rasul

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru tentang Iman Kepada Rasul
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Coba sebutkan prinsip-prinsip keimanan kepada Rasul dan sebutkan bukti-bukti keNabian Nabi Muhammad Saw





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Rasul Sebagai Teladan Manusia
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami sifat-sifat Rasul yang utama
·         Siswa dapat memahami peran dan tugas utama Rasul

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Rasul Sebagai Teladan Manusia

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Rasul Sebagai Teladan Manusia

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Rasul Sebagai Teladan Manusia
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Sebutkan sifat-sifat utama Rasul ?
2.      Coba jelaskan apa peran dan tugas utama Rasul ?





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Nabi Muhammad Saw
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami sejarah kehidupan Rasul
·         Siswa memahami kekhususan Nabi Muhammad dibandingkan Rasul yang lain
·         Siswa memahami hal-hal yang harus ditiru dari Rasulullah Saw

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Nabi Muhammad Saw

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Nabi Muhammad Saw
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Sebutkan beberapa hal yang harus ditiru oleh Rasulullah
2.      Berikan penjelasan tentang ketauladanan Rasul





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Sepuluh Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat mengetahui nama-nama Rasul yang dijamin masuk surge
·         Siswa mengetahui kisah perjalanan hidup sahabat Rasul yang dijamin masuk surga

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk surga

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk surga

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk surga
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk surge,

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai sepuluh sahabat Rasul yang dijamin masuk surga

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Sebutkan nama-nama Rasul yang dijamin masuk surga





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Cintra Diri Wanita Muslimah
Alokasi Waktu            : 4 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami karakteristik wanita muslima
·         Siswa dapat memahami bagaimana pandangan Islam tentang kaum wanita
·         Siswa dapat mengetahui beberapa karakteristik wanita Qur’ani.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Citra Diri Wanita Muslimah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Citra Diri Wanita Muslimah

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Citra diri wanita Muslimah
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan materi tentang citra diri seorang wanita muslimah

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai Citra Diri Seorang Wanita Muslimah

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Sebutkan karakteristik wanita muslimah ?
2.      Jelaskan apa pandangan Islam tentang kaum wanita ?





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Ukhwah Islamiah
Alokasi Waktu            : 2  x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami makna dan rukun ukhwah Islamiah
·         Siswa memahami cara memelihara ukhwah Islamiyah dalam kehidupannya

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Ukhwah Islamiah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Ukhwah Islamiyah

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Ukhwah Islamiyah
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan Rasul Sebagai Teladan Manusia

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai Ukhwah Islamiah

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Berikan penjelasan mengenai makna ukhwah Islamiyah
2.      Coba anda jelaskan bagaimanan cara memelihara ukhwah Islamiyah dalam kehidupan sehari-hari.





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Indahnya Akhlakul Karimah  
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami pengertian Akhlak
·         Siswa dapat memahami landasan akhlak seorang muslim
·         Siswa dapat memahami akhlak dalam Islam seperti tawadu’, berani jujur, sabar dan qana’ah.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Indahnya Akhlakul Karimah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Indahnya Akhlakul Karimah

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Indahnya Akhlakul Karimah
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Jelaskan Landasan Akhlak Seorang Muslim.





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Berbakti Kepada Orang Tua  
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami kewajiban menghormati orang tua
·         Siswa dapat memahami bagaimana akhlak terhadap orang tua
·         Siswa dapat keutamaan berbakti terhadap orang tua

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Berbakti kepada orang tua

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Berbakti Kepada Orang Tua

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Berbakti Kepada Orang Tua
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Pertemuan II
1.      Pendahuluan
-          Guru sebagai fasilitator menjelaskan tentang Berbakti Kepada Orang Tua

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mendengar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
-          Siswa menelaah lebih dalam lagi mengenai Berbakti Kepada Orang Tua

3.      Penutup
-          Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Evaluasi :
1.      Coba jelaskan akhlak terhadap orang tua dan sebutkan keutamaan berbakti kepada terhadap orang tua ?





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Syukur Nikmat  
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami makna syukur nikmat nikmat
·         Siswa dapat memahami landasan dan cara bersyukur
·         Siswa dapat memahami kedudukan syukur  nikmat.

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Indahnya Akhlakul Karimah

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Syukur Nikmat

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Syukur Nikmat
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.
G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Sebutkan pengertian syukur menurut bahasa dan menurut istilah.





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Keutamaan Shalat Malam
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami keutamaan shalat malam
·         Siswa dapat memahami adab-adab dalam shalat malam
·         Siswa dapat memahami bagaimana kedudukan shalat malam

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Keutamaan Shalat Malam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan shalat malam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai keutamaan shalat malam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.



F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Sebutkan keutamaan shalat malam.
2.      Sebutkan adab dalam shalat malam





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Menyebarkan Salam
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa dapat memahami makna ucapa salam
·         Siswa dapat memahami hikmah mengucapkan salam
·         Siswa dapat memahami hokum dan menjawab salam
·         Siswa dapat memahami adab dalam salam

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Menyebarkan salam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai hikmah mengucapkan salam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai menyebarkan salam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan

Evaluasi :
1.      Coba tuliskan kalimat “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dalam bahasa arab, dan tuliskan artinya.
2.      Coba jelaskan apa hikmah mengucapkan salam





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP Negeri 9 Langsa
Mata Pelajaran             : Mulok B
Kelas / Semester          : VII / II
Standar Kompetensi    : Dasar-Dasar Keislaman
Kompetensi Dasar       : Ilmu Dalam Perspektif Islam  
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit


A.     Tujuan Pendidikan
·         Siswa memahami bagaimana kedudukan ilmu dalam perspektif Islam
·         Siswa memahami keutamaan ilmu dan orang-orang berilmu
·         Siswa memahami keutamaan menuntut ilmu
·         Siswa memahami ada dalam menuntut ilmu

B.     Karakter siswa yang diharapkan
·         Dapat dipercaya (Trustworthines)
·         Rasa hormat dan perhatian (respect)
·         Tekun (diligence)
·         Tanggung jawab (responsibility)

C.     Materi Pembelajaran
·         Ilmu dalam perspektif Islam

D.     Metode
·         Ceramah, diskusi dan Tanya jawab

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
-          Mengucapkan salam, membaca do’a dan menertibkan lingkungan kelas.
-          Guru memotivasi siswa mengenai Ilmu Dalam Perspektif Islam

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai Ilmu dalam Perspektif Islam
-          Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru

3.      Penutup
-          Siswa dibimbing oleh guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.


F.      Alat/Sumber Belajar
·         KSI, Al-Ummah, Aqidah Seorang Muslin.

G.    Penilaian
Tehnik         : Lisan
Bentuk         : Pertanyaan


Evaluasi :
1.      Coba sebutkan bagaimana Ilmu dalam perspektif Islam.
2.      Coba sebutkan bagaimana ada dalam menuntut ilmu



Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Langsa




(SYAIFUDDIN, S.Pd)
Nip. 19600807 198012 1 001
Guru Bidang Studi





( NURHAYATI )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar